Menu

Wisata Rohani Dan Jasmaniah Di Makam Kudus Yang Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Wisata Rohani Dan Jasmaniah Di Makam Kudus Yang Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Berencana untuk kunjungan tamasya ke kudus? Tidak ada salahnya mencoba tamasya religi ke makam kudus di kabupaten kudus, jawa tengah. Jikalau anda bermukim di wilayah bali, sewa bus pariwisata bisa jadi alternatif. Tersedia juga sewa bus pariwisata murah jakarta ke bali untuk masyarakat jakarta yang berkeinginan tamasya ke pulau dewata.

Kecuali berwisata lahiriah untuk merefresh pikiran saja, anda juga bisa sekalian beriwisata rohani untuk menenangkan jiwa dan kereligiusan anda di makam kudus. Ditambah, tempat tamasya ini malahan senantiasa dipadati pengunjung dan tidak pernah sepi. Apalagi menjelang waktu-waktu tertentu berziarah. Lantas, apa saja hal menarik dari tamasya makam kudus ini?

Ribuan peziarah datang setiap harinya

Sebagai salah satu tempat tamasya rohani yang menarik, pengunjung yang berziarah maupun berwisata ke tempat ini bisa mencapai ribuan orang per harinya. Malahan, petugas dan pengelola tamasya hingga mengerahkan beberapa personel siaga untuk mengatur jalan masuk dan keluarnya pengunjung. Hal ini dilaksanakan untuk meminimalisir risiko ketidaknyamanan pengunjung akibat melonjaknya orang yang datang ke makam kudus.

Banyaknya pengunjung dikarenakan tiap-tiap orang yang datang yaitu dengan rombongan. Tidak heran, tiap-tiap harinya pengunjung senantiasa membludak. Padahal demikian, pada waktu tertentu, semisal ketika menjelang bulan ramadhon, jumlah pengunjung menurun. Pada ketika ini bisanya cuma warga sekitar saja yang mengunjungi tamasya makam kudus.

Menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar

Banyaknya pengunjung yang datang, menjadikannya sebagai penggerak perekonomian juga bagi masyarakat di sekitarnya. Banyak masyarakat yang memanfaatkan destinasi tamasya tersebut sebagai ladang pencari nafkah. Beberapanya seperti mengelola lahan parkir kendaraan pengunjung, berjualan cinderamata, berjualan makanan dan masakan khas, malahan jual berjenis-jenis oleh-oleh.

Filosofi sunan kudus yang menempel erat

Bagi kebanyakan masyarakat, percaya bahwa meningkatnya sektor perekonomian warga dikarenakan filosofi sunan kudus yang masih melekat. Filosofi yang dilestarikan ini bernama gusjigang. Di mana yaitu sebuah singkatan dari bagus, ngaji dan dagang. Dulunya, filosofi ini diajar oleh sunan kudus atau syekh jafar shodiq.

Dengan adanya pendidikan filosofi itu, membikin masyarakatnya terus menyalurkan makan dari filosofi gusjigang. Malahan sekalian menyemangati masyarakat supaya bisa mengutamakan tata krama yang bagus, rajin dalam mengaji dan juga gigih dalam berusaha untuk mencari penghasilan. Semua filosofi itu semestinya dilaksanakan dengan nilai persaudaraan yang kuat dan rukun.

Buka 24 jam dengan view yang menawan

Wisata makam sunan kudus memang sungguh-sungguh populer dan diwujudkan sebagai tamasya religi yang banyak dikunjungi. Malahan, tamasya ini dibuka tiap-tiap harinya dari pukul 05.00 hingga 00.00 wib. Adapun waktu khusus, yang mana berlaku untuk hari sabtu, tamasya dibuka full 24 jam. Apalagi pada ketika inilah pengunjung seringkali membludak.

Dari segi keindahan, tentunya banyak sekali titik menarik yang membikin anda terpukau-terpukau. Dari mulai bangunan-bangunan candi makam sunan kudus yang artistik, bangunan mesjid al aqsha, hingga panorama alam yang masih asri. Kecuali berwisata religi, tidak ada salahnya mengabadikan moment dengan panorama yang cantik.

Untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa sewa bus pariwisata. Seperti sewa bus pariwisata jakarta utara ke bali, maupun lantas ke kudus, jawa tengah.