Menu

Mengenal Lanyard – Sebuah Penyangga Name Tag yang Tambah Eksis

Ristorantepiccolocontinente.com – Ketika mendengar perintah ‘lanyard’, orang-orang pasti bakal teringat dengan gantungan name tag yang biasa dikalungkan di leher. Orang-orang juga mengetahui fungsi lanyard serupa penggantung tanda identitas atau ID Card. Istilah lanyard sendiri muncul sekitar tahun 1950. Pada mulanya, fungsi lanyard bukan sebagai penggantung tanda identitas, melainkan serupa tali pistol, pedang serta peluit. Bahan lanyard kala itu juga tidak sevariatif masa kini. Lanyard hanya berupa untaian tali sedang.

lanyard dan name tag

Seiring berkembangnya zaman, orang-orang mulai tertarik untuk menyemaikan desain lanyard. Mayoritas industri juga melakukan branding tentang lanyard sehingga para pegawai memiliki desain gantungan name tag yang sama. Kecuali sebagai identitas perusahaan, taktik ini juga dilakukan untuk menambah awareness masyarakat tentang perusahaan tersebut.

 

Jenis-Jenis Bahan Gantungan Name Tag

Kini, gantungan name tag memiliki berbagai macam jenis bahan. Empat bahan paling ternama adalah polyester kilap, polyester doff, sarung atau tube dan tisu.

1. Polyester Kilap

Jenis bahan itu paling populer di Indonesia. Sesuai istilah namanya, model tali berbahan polyester kilap akan terlihat mengkilap beserta warna yang terang. Sesuatu ini dikarenakan tali lanyard menggunakan campuran bahan flament.

2. Polyester Doff

Polyester Doff hampir serupa beserta polyester kilap. Namun, jenis gantungan ini tidak semengkilap polyester kilap. Warna yang dihasilkan juga akan tampil lebih gelap dari model aslinya. Hal ini sebab jenis tersebut tidak mempergunakan campuran bahan flament. Biasanya jenis bahan ini dimanfaatkan sebagai gantungan name tag event olahraga.

3. Sarung atau Tube

Tali lanyard sarung atau tube memiliki keunggulan terhadap bahannya yang lentur. Bagian ujung saluran berbentuk seperti sedotan sehingga nama lain dari saluran lanyard ini adalah ‘tube’. Di antara bahan yang lain, tali berbahan sarung itu paling nyaman digunakan sehingga cocok juga untuk menuas benda-benda penting seperti kunci mobil.

4. Tisu

Senur lanyard berbahan tisu termasuk lebih mahal dibandingkan bahan lainnya. Hal ini sebab bahan tisu sangat lagak seperti sebuah tissue serta agak tipis. Namun walaupun tipis, ikatan serat bahan tisu sangat rapat serta kuat sehingga tidak butuh khawatir akan putus tatkala tengah mengenakannya.

 

Lanyard Cap dan Digital Printing

Kecuali dari bahannya, Ketika berbuat pencetakan desain lanyard, terdapat dua metode yang lazim dilakukan yaitu sablon serta digital printing.

Lanyard pola dicetak menggunakan teknik pola tradisional baik manual mau pun dengan bantuan mesin pola. Kelebihan gantungan sablon terletak pada harganya yang rumpang lebih murah dibandingkan digital printing. Namun, unggul daripada segi harga, cetakan model lanyard ini terlalu uniform. Kita tidak bisa mempergunakan banyak warna dalam model sablon. Umumnya, orang-orang yang menggunakan lanyard sablon ialah mereka yang mengadakan event sehingga hanya memerlukan saluran gantungan simpel dan permulaan namun tidak untuk poin panjang.

Selanjutnya adalah lanyard digital printing. Seperti namanya, metode pencetakan desain lanyard menggunakan teknik percetakan digital sehingga warna yang didapatkan jauh lebih akurat dibanding lanyard sablon. Hasil model lanyard akan terlihat lebih menarik dan tahan lama. Modus operandi ini umumnya digunakan sambil perusahaan-perusahaan dalam membuat penyangga ID Card pekerjanya.

 

Lanyard Custom (Desain sendiri)

Seiring dengan perkembangan zaman, penyangga name tag kini juga tidak hanya dipakai untuk branding perusahaan atau acara tertentu. Mahasiswa membutuhkan lanyard untuk mengalungkan kartu kode mahasiswa (KTM) mereka. Beberapa orang juga membutuhkan saluran lanyard untuk menggantungkan kunci rumah atau kartu transportasi (sejenis e-toll) mereka. Usaha desain lanyard custom pula biar mulai bermunculan untuk menjawab kebutuhan ini. Dalam jasa desain lanyard custom, kita bisa mendesain custom serasi dengan keinginan kita swasembada untuk dipakai sehari-hari. Model lanyard menjadi lebih unik dan cantik.