Menu

Keunikan Museum Kereta Api Ambarawa yang Jadi Tempat Wisata di Jawa Tengah!

Seperti yang kita tahu, museum merupakan sebuah tempat wisata yang menyimpan berbagai hal bersejarah. Di Indonesia terdapat berbagai museum bersejarah yang unik dan khas, salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Tempat wisata di Jawa Tengah ini awalnya merupakan sebuah tempat pemberhentian kereta atau stasiun yang dibangun di masa penjajahan Belanda sebagai salah satu sarana transportasi militer Belanda.

Stasiun ini dibangun oleh salah satu Jenderal bernama Willem pada tanggal 21 Mei 1873 silam. Semula stasiun ini diperuntukan sebagai tempat singgah kereta yang membawa tentara perang menuju Semarang. Namun, setelah Indonesia merdeka stasiun ini ditutup dan diberhentikan pengoperasiannya.

Sehingga pada tahun 1976 Stasiun Ambarawa berubah menjadi sebuah museum yang berisi tentang sejarah serta koleksi unik dunia perkereta apian Indonesia. Selain sejarahnya yang terkenal, ternyata ada beberapa keunikan lain yang menjadi ciri khas pada Museum Kereta Api Ambarawa berikut ini.

Keunikan Museum Kereta Ambarawa yang Jadi Trend Tempat Wisata Di Jawa Tengah!

Pasti diantara kalian ingin tahu apa sih yang membedakan museum yang satu ini dengan museum-musem lain yang ada di Indonesia. Yu mari kita cari!

1. Memiliki Koleksi Lokomotif Zaman Belanda

Jika kita sering menonton film atau melihat transportasi kuno ala Eropa tentu kita pernah melihat bentuk kereta khas buatan Eropa bukan?. Nah, Museum ini ternyata memiliki lokomotif buatan Belanda yang terdiri dari kereta yang menggunakan mesin uap dan kereta yang menggunakan mesin diesel. Beberapa lokomotif tersebut disimpan dalam museum dan merupakan sebuah peninggalan pada zaman penjajahan.

Terdapat puluhan lokomotif tua yang menjadi koleksi museum ini, lima diantaranya masih dioperasikan sebagai kereta wisata. Keberadaan lokomotif antik ini tentu menjadi daya pikat tersendiri bagi tempat wisata tersebut. Para wisatawan juga dapat menaiki lokomotif tersebut dengan membayar harga tiket.

Hal inilah yang kemudian menjadikan museum tersebut sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sering dikunjungi oleh berbagai kalangan diseluruh penjuru daerah, baik luar maupun dalam negeri.

2. Tempat Foto yang Instagramable

Koleksi lokomotif khas Belanda yang disimpan di tempat ini membuat Museum Ambarawa memiliki nuansa kolonial yang sangat kuat. Beberapa lokasi sering kali dijadikan sebagai spot foto yang instagramable dan unik. Para pelancong yang datang ke tempat ini pasti ingin mengabadikan momen mereka diantara berbagai lokomotif tua yang antik. Tak jarang, museum ini juga kerap kali dijadikan sebagai lokasi untuk pengambilan foto prewedding. Lokasi ini juga akan membuat kita seperti berada pada masa kolonial dulu.

3. Salah Satu Wisata Edukasi

Selain unik, museum ini juga merupakan tempat wisata edukasi. Museum Kereta Api Ambarawa adalah salah satu tempat wisata yang menyediakan sarana wisata edukasi mengenai dunia kereta api di Indonesia. Ada berbagai hal yang dapat dipelajari di tempat ini, salah satunya adalah nilai sejarah yang sangat kental untuk menambah wawasan para pengunjung mengenai sebuah perjalanan kehidupan bangsa ini.

Nah, itu tadi beberapa keunikan yang ada pada Museum Kereta Api Ambarawa. Bagi anda yang hendak berwisata ke Jawa, tempat ini sangat direkomendasikan untuk dapat dikunjungi sebagai salah satu destinasi favorit tempat wisata di Jawa Tengah.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut bersama keluarga dan kelompok kelompok ataupun organisasi maka anda bisa sewa bus murah di sewabusmurah.co.id