Menu

Ini Dia Cara Desain Interior Rumahmu Jadi Lebih Luas dan Hemat Ruang!

Cara mendesain interior rumah di ruangan yang tidak luas alias sempit memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Banyak aspek yang harus diperhatikan terutama luasnya sebuah ruang untuk direnovasi.

Terlebih saat kamu tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk yang seringkali memiliki masalah luasnya rumah dan budget yang ada.

Nah untuk kamu yang memiliki rumah berukuran kecil, tentunya harus lebih menekan daya kreatifitas dan pikiranmu kamu lebih ekstra untuk membantumu memilih furnitur yang tepat  sebagai dekorasinya.

1. Pilih ukuran furnitur yang sesuai


Hal utama yang harus diperhatikan adalah ukuran perobatan yang akan kamu gunakan pada ruangan kecil. Hindari pemakaian banyak benda-benda.

Jika ingin mendesain pada bagian ruang tamu yang tidaklah luas, lebih baik menaruh sofa dengan ukuran besar dibandingkan dengan ukuran sofa kecil yang malah akan membuatnya berantakan. Karena semakin banyak item yang dipakai dalam ruangan, maka visual ruangan tersebut akan menjadi tidak sedap dipandang mata.

Kamu bisa menyiasati hal lain dengan cara desain interior rumah mu dengan tembok atau dinding. Buatlah kesan ruanganmu lebih lebar dengan menata rak buku, lemari pajangan, meja makan, dan lain sebagainya lebih menyatu dengan dindingmu.

Hal ini wajib diperhatikan agar dapat memberikan efek lega pada ruang mungilmu. Selain itu agar kamu memiliki area untuk lalu lalang tanpa merasa sempit.

Sebelum membeli furnitur, terlebih dahulu kamu harus mengukur seberapa luas ruanganmu untuk menyesuaikan dengan barang-barangmu.

2. Taruh Cermin


Cermin berguna untuk merefleksikan cahaya dan menyebarkannya ke dalam ruangan agar membuatnya nampak lebih lapang.

Tempat yang tepat untuk menaruh cermin adalah di seberang jendela untuk memberikan efek ilusi visual pada ruangan.

3. Jendela dan Tirai


Sebagai cara desain interior rumahmu agar terlihat lebih luas dan hemat ruang adalah penggunaan jendela.

Jendela memiliki pengaruh yang tinggi untuk menciptakan ilusi sebuah ruangan supaya nampak lebih luas. Jendala berfungsi sebagai tempat masukanya cahaya matahari dari luar masuk ke dalam.

Kamu dapat memanfaatkan jendela yang ada dengan menambahkan tirai loh. Fungsinya apa sih? jawabannya, untuk membuat nuansa romantis dan hangat.

Kamu dapat menambahkan tirai dengan warna seperti warna putih, abu-abu, atau warna netral lainnya. Lalu gantungkan tirai tersebut lebih lebar dari jendela ya agar cahaya tidak terbatasi oleh tirai.Setting pencahayaan yang baik akan membantu memaksimalkan ruang dan memvisualisasi.

4. Ganti Lantaimu


Lantai perlu juga kamu perhatikan karena berguna sebagai pembatas ruangan dan mempercantik ruanganmu.

Jika sekat di dinding atau rak bukumu terlalu memakan tempat, kamu dapat mengakalinya dengan mengubahnya ke aneka produk flooring bagus lainnya berwarna senada dengan benda yang menonjol disekitarmu seperti lemari, rak atau meja.

5. PIlih warna netral untuk dinding


Jangan asal memilih warna untuk dinding rumahmu, karena warna yang salah akan membuatnya sempit. Kamu dapat menggunakan warna netral dan cerah seperti putih atau biru muda.

6. Gunakan karpet yang lebih besar


cara desain interior rumahmu dengan menggunakan karpet yang lebih besar. Seorang pakar yang dikutip dalam housebeautiful mengatakan bahwa ukuran karpet yang besar tidak secara visual memecah lantai daripada karpet dengan ukuran kecil.

Cara desain interior rumah memang gampang-gampang susah, terutama pada bagian ruang yang nyatanya tidak memiliki cukup luas untuk menaruh barang milikmu.

Nah sudah paham kan bagaimana mendesain rumahmu? Sekarang meski memiliki rumah yang sempit, kamu bisa kamu menyulapnya menjadi luas dan lebih hemat ruang.

Setelah memperhatikan cara di atas, kira-kira sudah terbayangkah desain seperti apa yang akan cocok untuk rumah mungilmu?

Semangat dan tantang kreatifitasmu ya!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *