Menu

Beberapa macam Penulis serta Spesialisasinya

Bisnis-Penulis-Artikel-Lepas

Kamu dapat membuat cerpen tetapi tidak dapat membuat berita? Itu sebab tidak hanya Kamu bukan lulusan pengetahuan jurnalistik, bisa saja Kamu memang type penulis cerpen. Penulis itu bukan hanya menulis website saja, ada sering penulis yang mengutamakan diri di tipe tulisan khusus. Layaknya dokter yang memiliki spesialisasi, penulis artikel disebut apa di jaman now ini, ia memiliki spesialisasinya semasing.

Berikut beberapa jenis penulis yang berada di dunia.

Business writer. Type penulis ini kerja untuk majalah serta suratkabar yang pembacanya datang dari golongan profesional yang berpendapatan tinggi. Business writer harus memiliki pengalaman menulis, ketrampilan berbahasa yang benar-benar baik serta pengetahuannya mengenai usaha menyamakan pengetahuan pembacanya, serta jika mesti lebih memahami tentang sangkut-paut usaha khusus dibanding pembacanya. Karenanya seorang yang baru belajar menulis atau baru lulus perguruan tinggi belum dapat jadi business writer.

Article writers ialah penulis fiksi yang membuat berita atau tulisan pendek (features) mengenai satu tema. Artikel wisata/travel, kuliner, serta kesehatan umumnya tema yang sangat dicari untuk diedarkan pasti di majalah. Mereka harus memiliki potensi menulis dengan style bahasa singkat, fresh, serta tidak monoton sebab sasaran pembacanya dapat dari beberapa golongan. Penulis artikel dapat kerja dengan terlepas (freelance) atau penuh waktu jadi staf redaksi, tetapi bukan wartawan. Pekerjaan wartawan ialah kumpulkan data sesuai dengan aturan jurnalistik untuk diproses jadi berita. Semua wartawan dapat disebutkan penulis artikel tetapi tidak semua penulis artikel bisa saja wartawan.

blog penulis
Copywriter ialah penulis spesial bagian advertensi. Ditangan mereka tagline serta beberapa kalimat dengan iklan barang serta layanan terbentuk. Di usaha advertensi di luar negeri, copywriter yang memiliki pengalaman dibayar mahal sebab mereka memahami bagaimana memengaruhi ketertarikan serta ketertarikan orang pada satu produk sekaligus juga tingkatkan keyakinan customer.

Ghostwriters. Ini bukanlah penulis narasi hantu atau pocong, tetapi mereka yang menulis untuk orang lain. Contoh saya ingin menerbitkan novel fiksi ilmiah, tetapi saya tidak dapat menulis, hanya dapat bercerita imajinasi mengenai hidup manusia di planet Mars. Jadi saya perlu ghostwriter. Ghostwriter mampu menulis apa sebagai imajinasi saya jadi satu buku. Tidak hanya novel, ghostwriter dapat juga menulis biografi untuk orang lain. Bayaran untuk ghostwriter termasuk tinggi sebab dia harus sabar, intensif dengan wawancarai client-nya untuk memperoleh keselarasan di antara apa yang diutarakan client dengan hasil dicatat ghostwriter. Satu hal yang sangat penting yang mengisyaratkan seorang ialah ghostwriter ialah namanya tidak mampu pernah ada dengan novel, biografi atau tulisan yang lain. Nama yang tertera ialah nama orang yang mempekerjakannya jadi ghostwriter.

Grant writer termasuk juga penulis yang bisa bayaran tinggi. Mereka harus memiliki pengetahuan mengenai hukum serta menulis dengan bahasa usaha. Grant writer umumnya ditangani oleh pengacara. Pekerjaan Grant writer ialah membuat mengajukan dana ke pemerintah atau lembaga swasta (dengan serta luar negeri) yang sediakan grant (dana hibah). Bila mengajukan di setujui, jadi grant writer mampu mendapatkan bayaran mahal. Ini sebab ketetapan pemberi grant untuk mengucurkan dana didasarkan di apa yang dicatat oleh grant writer. biasannya grabt writer slalu dipakai oleh jasa penulis artikel jurnal .

Novelist, disebutkan author (pengarang), ialah orang yang menulis narasi panjang. Kelebihan seorang novelis ialah potensi membuat ciri-ciri tokoh, membuat sering plot, serta mengakhirinya dengan satu kesatuan buku. Tidak mudah buat novelis untuk mendapatkan sering uang, terkecuali buku yang ditulisnya jadi best-seller. Sering novelis memiliki mata pencaharian penting di luar dunia tulis-menulis untuk kemapanan finansial mereka.

Online writer. Sesuai dengan namanya-online-mereka menulis untuk web serta e-zines (majalah elektronik). Mostly dikerjakan oleh beberapa freelancer yang tidak memiliki background kepenulisan, karenanya bayarannya relatif kecil. Di Jakarta, jadi online writer pas untuk penulis amatir serta pemula yang ingin mempertajam potensi.

Poetry writers (poets), penyair, atau disebutkan penulis sajak. Penyair tidak menulis untuk dibayar, tetapi lebih pada kenikmatan batin. Terkadang karya mereka baru diedarkan saat mereka menang lomba atau sayembara, dengan hadiah lain berbentuk beberapa uang. Sapardi Djoko Damono serta Radar Panca Dahana dapat dikatakan sebagai poetry writers.

Play writer, bisa dikatakan sebagai penulis naskah drama untuk pertunjukkan teater. Play writer mudah populer di pertunjukkan teater, tetapi dari sisi penghasilan ya biasa sajalah. Ratna Sarumpaet ialah diantara play writer di Jakarta.

Freelance writer. Mereka yang tidak memercayakan pekerjaan menulis jadi sumber nafkah penting dikatakan sebagai freelance writers. Seorang novelis dapat dikatakan sebagai freelance writer bila mereka tidak terjalin kontrak di satu penerbit serta bebas menulis kapanpun mereka ingin. Freelance writer dapat menulis dimanapun serta kapanpun, serta terima job di luar negeri.

Reviewer ialah penulis yang spesial menulis ulasan. Dia harus memiliki pengetahuan pada produk atau layanan yang di-reviewnya. Dapat berbentuk buku, film, mobil, computer, serta sering . Reviewer harus memberikan info sekaligus juga menghibur dengan tulisannya, tanpa ada kelihatan jika dia sedang me-review suatu hal. Orang yang mempunyai web serta menggilai hal khusus dapat menulis ulasan gratis tanpa ada terikat serta diharap siapa saja.

Screenwriter, ialah beberapa penulis naskah film serta serial tv. Jika serial atau filmnya sukses, mereka dapat kaya juga. Sepadanlah. Sebab membuat naskah kita diterima produser itu sulit sekali! Jika diterimapun belum pasti diangkat ke monitor kaca/lebar. Serta jika telah diangkat ke layarpun harus ingin naskah kita dirombak sana-sini. Sulit tetapi sepadanlah dengan bayarannya. Titin Wattimena ialah diantara screenwriter yang oke.