Bagaimana Google Menilai Kualitas Laman Posting dan Pengaruhnya Pada Ranking SERP

Menduduki laman pertama pada hasil pencarian google atau SERP (Search Enginge Result Page) merupakan harapan dan keinginan semua pemilik website. Oleh karena itu berbagai cara digunakan oleh pemilik website untuk bisa menduduki posisi pertama dalam SERP. Termasuk salah satunya dengan menggunakan jasa SEO bulanan.

Google Page Rank

Ranking SERP

Jika Anda ingin mengetahui kualitas halaman website Anda di mata google, maka terlebih dahulu Anda harus berkenalan dengan google page rank. Bagus atau tidaknya sebuah laman posting, diukur oleh Google menggunakan Google Page Rank (PR). Yakni sebuah alat untuk mengukur kualitas sebuah wesite atau blog. Penilaian tersebut dilihat dari kacamata google tentunya.

Google menggunakan sebuah algoritma yang digunakan sebagai penilaian, dan terus berubah serta berkembang setiap waktu. PR menunjukkan nilai seberapa penting sebuah laman di mata google. Tentunya, ini berpengaruh pada posisi website SERP.

Halaman blog atau website yang punya nilai PR lebih tinggi, akan di-indeks dengan lebih cepat dan muncul lebih maksimal pada SERP. Anda dapat membaca blog dari perangseo untuk meningkatkan performa website Anda. Karena optimasi SEO merupakan salah satu faktor terpenting untuk mendapat nilai tinggi dalam google page rank.

Faktor yang Mempengaruhi Penilaian Page Rank

Tentu saja, tidak hanya optimasi SEO. Tapi masih ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi Pagerank Google sehingga laman web yang satu lebih unggul dari yang lain. Karena setiap saat ribuan artikel online baru diproduksi dan saling bersaing menduduki ranking pertama.

Faktor-faktor yang mempengaruhi page rank sebuah laman website adalah :

1. Optimasi Search Engine (SEO)

Ini merupakan hal yang sudah banyak digunakan oleh para pemilik website. Optimasi SEO sendiri memliki banyak sekali cara untuk dilakukan.

2. Jaringan Sosial

Bergabung dengan komunitas blogger, memajang banner affiliasi, menghubungkan website Anda dengan media sosial yang Anda miliki juga menambah nilai pagerank laman website Anda.

3. Komentar

Komentar natural dari para pengunjung merupakan cara efektif untuk menaikkan page rank Anda.

4. Waktu Kunjungan

Durasi seorang pengunjung menghabiskan waktu di laman website Anda, juga menentukan. Semakin lama, tentu semakin baik. Artinya Anda memiliki isi website yang mengikat pembaca.

5. Bounce Rate

Sama halnya seperti waktu kunjungan. Yang dihitung adalah durasi pengunjung membuka laman website Anda. Boounce rate menunjukkan persentase dari pengunjung yang masuk keluarr pada halaman website Anda.

Untuk mendapatkan nilai tinggi pada page rank google. Maka yang utama adalah Anda memiliki konten berkualitas yang dapat mengikat pembaca dan membuat mereka menghabiskan waktu lama di website yang Anda miliki. Tidak ada salahnya sesekali menggunakan jasa SEO bulanan untuk mendongkrak page rank website Anda.