Menu

Apa Saja Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mencetak Tali Lanyard? Di Sini Jawabnya!

​​​​​​Tali ID card dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setiap tahapan sangat penting untuk menghasilkan tali dengan tampilan menarik. Percetakan umumnya menggunakan dua proses, yakni desain dan cetak. Keduanya sama-sama menggunakan mesin khusus demi mendapatkan hasil maksimal.

Mengenal Alat Untuk Mencetak Tali Lanyard

Mesin yang digunakan untuk mendukung selesainya pembuatan tali ID card, terbagi menjadi beberapa bagian. Pembagiannya berdasarkan tahap pengerjaannya. Penjabaran mesin yang digunakan, sebagai berikut:

1. Alat Untuk Mendesain Lanyard

Tali ID card dalam pembuatannya mengalami langkah awal yakni desain. Desain ini sangat menentukan keindahan tampilan dari lanyard. Ketika dilakukan pengerjaan membutuhkan alat yakni komputer dan software. Perangkat lunak yang digunakan biasanya berupa corel draw dan adobe ilustrator.

Keduanya mampu menghasilkan tampilan desain yang luar biasa. Dengan dilengkapi tools pada perangkat lunak. Desain bebas di utak-atik sampai sesuai keinginan. Jika sudah sesuai, segera naik cetak.

2. Alat Untuk Proses Cetak Lanyard

​​​​​​Tali untuk ID card yang sudah selesai diperoleh desainnya. Langkah selanjutnya yakni siap dicetak. Proses untuk mencetak ada dua, bisa memakai digital printing atau manual. Disesuaikan dengan bahan tali yang dipilih. Proses digital printing, untuk pertama kali pengerjaan cetak, pasti memakai printer plotter.

Apa Saja Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mencetak Tali Lanyard? Di Sini Jawabnya!

Printer plotter itu berfungsi untuk mencetak tali. Awalnya desain yang sudah disepakati akan ditransfer ke alat ini untuk dicetak. Proses dimulai dari desain dicetak pada kertas dan tinta tertentu. Setelah desain tertuang di atas kertas. Langkah selanjutnya mentransfer hasilnya pada pita berwarna putih.

Transfer desain ke pita putih polos, menggunakan mesin berbeda. Yang lebih dikenal dengan nama mesin press. Ketika transfer membutuhkan suhu tertentu, supaya tinta kertas dapat masuk ke dalam alat press. Selanjutnya akan diteruskan ke arah pita putih, dengan hasil akhir presisi. Bentuk mesinnya seperti di bawah ini.

Alat-alat tadi digunakan untuk Produksi cetak tali ID card ​​​​​​dengan teknik digital printing. Selanjutnya jika cetak desain memakai cara manual umumnya dengan sablon. Teknik sablon menggunakan alat berupa printer, untuk mencetak desain awal. Setelah tertuang dalam kertas karkir, desain siap untuk dimasukkan dalam film pada screen.

Itulah gambaran singkat alat untuk mencetak tali sehingga tampilan memukau. Daya tahan yang dihasilkan sangat lama, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian. Alat tersebut juga digunakan oleh percatakan di Jakarta, hasil sudah pasti maksimal dengan biaya yang cukup terjangkau.